Dropship Adalah Bisnis Tanpa Modal, Benarkah?

Salah satu jenis bisnis yang baru muncul di era serba online adalah bisnis dropship. Tahukah Anda apa itu dropship? Dropship merupakan jenis bisnis online yang hanya menawarkan barang tanpa harus memproduksi atau membeli barangnya terlebih dahulu. seperti misalnya dropship tokopedia. Barang yang dijual merupakan produk dari perusahaan, suppiler, atau unit usaha dan tugas orang yang menggeluti menjadi dropshipper hanya tinggal mencari pembeli atau konsumen. Nantinya, setelah mendapatkan konsumen maka pemilik usaha akan mengirimkan barang ke alamat konsumen dan dropshipper akan mendapatkan komisi atau selisih penjualan. Dari tata caranya, banyak orang yang menyebut bahwa bisnis ini merupakan bisnis tanpa modal.

Namun, dropship sejatinya bukan jenis usaha online yang tidak benar-benar tanpa modal. Ya, dropship adalah jenis usaha online yang tetap membutuhkan modal namun tidak dalam jumlah besar dan tidak berkaitan dengan produksi barang. Modal yang dibutuhkan dalam usaha dropship tetap ada dan salah satunya adalah akses internet. Tanpa internet, tentu saja akan sulit menggeluti bisnis usaha yang satu ini. Yang kedua diperlukan juga pulsa untuk memfasilitasi konsumen yang memang berhubungan menggunakan sms atau telepon. Yang ketiga adalah kemampuan komunikasi marketing. Modal dalam binsis tentu saja bukan hanya soal materi namun juga kemampuan diri untuk bisa berkomunikasi dengan baik terutama saat menawarkan barang. Bahkan, kemampuan yang satu ini merupakan kunci utama kesuksesan dari bisnis dropship agar bisa mendapatkan keuntungan penjualan.

Mengingat tetap adanya modal dalam usaha dropshipping, seperti halnya dropship tokopedia, maka penting sekali Anda berpikir ulang sebelum mencoba menggelutinya. Pastikan terlebih dahulu Anda mahir dalam berbagai platform online. Pastikan juga Anda memiliki akses internet dan pulsa sebagai modal untuk berkomunikasi dengan konsumen. Dan yang terakhir, pastikan diri Anda mampu berjualan agar bisa berhasil mendapatkan keuntungan.