Jenis Investasi yang Banyak Dipilih oleh Masyarakat Indonesia

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara besar dimana para penduduknya memiliki pemikiran yang cukup matang. Hal tersebut dapat dilihat dari kesadaran masyarakat akan kegiatan investasi guna menjaga kondisi keuangan di masa depan. Jika dahulunya menabung merupakan satu-satunya kegiatan yang dapat dilakukan guna menjamin kesejahteraan di masa depan, kini masyarakat Indonesia dapat memilih

investasi sebagai jaminan di masa yang akan datang. Masyarakat Indonesia yang berinvestasi sejak dini memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Masyarakat Indonesia juga harus pandai dalam memilih investasi yang cocok untuk masa depannya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai jenis investasi apa saja yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Deposito berjangka merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia saat ini. Deposito berjangka sendiri merupakan deposito bank yang bunganya memiliki jumlah yang besar jika dibandingkan dengan tabungan biasanya. Deposito tersebut dilengkapi dengan waktu jatuh tempo yang cukup jelas. Jika investor berkeinginan mencairkan deposito tersebut sebelum waktu jatuh tempo, investor akan dikenakan pinalti atau denda. Semakin banyak jumlah dana yang didepositokan, semakin banyak bunga yang nantinya akan diperoleh dari deposito berjangka tersebut. Untuk melakukan deposito, para investor tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit. Deposito berjangka merupakan macam investasi yang cukup aman dan memiliki resiko investasi yang rendah. Meskipun terbilang cukup aman, deposito berjangka juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahannya adalah, investor tidak bola menyentuh dana yang didepositokan dalam jangka waktu tertentu. Selain deposito berjangka, berikut merupakan jenis atau macam investasi lainnya yang diminati oleh masyarakat Indonesia:

Emas

Emas merupakan investasi klasik yang telah lama digunakan oleh masyarakat indonesia. Dari jaman dahulu hingga jaman yang modern ini, emas merupakan macam investasi yang populer. Emas mampu menaikkan harga jualnya pada kondisi-kondisi tertentu. Harga emas yang meningkat dapat membuat saham atau obligasi menurun.

Properti

Sama halnya dengan emas, properti menjadi macam investasi lainnya yang banyak dipilih oleh masyarakat indonesia. Setiap tahunnya, harga properti akan terus meningkat. Dengan kondisi tersebut, investasi properti menjadi pilihan investasi yang dapat dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Meskipun begitu, ketika investor melakukan investasi properti, mereka harus mengeluarkan biaya yang sangat tinggi terlebih dahulu. Tidak hanya itu, properti yang dibeli membutuhkan perawatan yang tinggi guna menjaga nilai jual properti agar tetap tinggi.

Saham

Dibandingkan dengan macam investasi yang disebutkan di atas, saham merupakan investasi yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Investasi saham biasanya merupakan kepemilikan dari sebiah perusahaan tertentu. Ketika investor memiliki saham tersebut, investor memiliki hak untuk memperoleh keuntungan dari pendapatan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Investasi saham akan memberikan penawaran keuntungan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan macam investasi lainnya. Meskipun begitu, investasi saham juga akan memberikan resiko yang cukup tinggi bagi para pelakunya. Harga saham yang tidak stabil dapat berubah-ubah dalam waktu yang cepat. Investasi saham sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yakni saham pertumbuhan dan saham dividen.

Jenis investasi lainnya yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah Peer to Peer Lending. Investasi tersebut merupakan pinjaman dana yang berasal dari investor yang nantinya akan diberikan kepada borrower. Para investor nantinya akan memperoleh suku bunga hingga 18 % untuk setiap tahunnya. Para investor yang memilih investasi tersebut memiliki kesempatan yang besar untuk memilih sendiri tingkat resiko yang akan mereka hadapi. Setiap resiko yang dihadapi oleh para investor akan memiliki bunga kompetitif tersendiri. Jika dibandingkan dengan macam investasi yang telah dijelaskan, Peer to Peer Lending dapat dilakukan hanya dengan dana sebesar Rp. 100.000 saja. Karena memiliki dana investasi yang rendah, investasi tersebut sangat tepat dipilih oleh para investor baru yang belum memahami dengan baik akan dunia investasi.

Dengan banyaknya macam investasi yang ada, masyarakat Indonesia dapat menetapkan investasi yang mereka inginkan. Para investor yang ingin melakukan investasi yang aman, berinvestasi melalui Sequis Life menjadi macam investasi yang patut untuk dipertimbangkan. Investasi jiwa dan investasi kesehatan menjadi produk investasi yang ditawarkan oleh Sequis Life. Q Smart Life, Protection Plus, Eduplus, Accident Protection Plus, Sequis dana berencana, Asuransi Cash Plan 75 , Global-Edupan dan Financial-Smart-Life merupakan produk investasi jiwa yang ditawarkan oleh Sequis Life. Untuk investasi kesehatan, My-Critical-Protection, Sequis-Q-Infinite-Medcare-Rider, Telepro-Tanggap-Prima, Sequis-Q-Platinum-Plus-Rider dan Sequis-Q-Health-Easy-Insurance menjadi pilihan investasi kesehatan yang ditawarkan oleh Sequis Life bagi para investor. Kesemua produk investasi tersebut dapat dipilih dan digunakan oleh para investor yang ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Bagaimana, apakah Anda tertarik dengan macam-macam dari investasi tersebut?