Married Priests

Membuat Satuan Acara bermain Bola Untuk Anak Pra-Sekolah

Nov
07

Sobat interqq.com dan dominoqq, beberapa kali kita telah membahas tentang Satuan Acara Bermain yang biasanya digunakan sebagai pengalih perhatian pada saat / pasca Hospitalisasi (penyembuhan). Terlepas dari sakit apa yang diderita anak tersebut, Hospitalisasi selalu memberikan efek yang cukup buruk terhadap mental dan psikologis anak-anak, terutama pra-sekolah. Salah satu cara untuk mengalihkan perhatian mereka adalah dengan cara Satuan Acara Bermain.

Kenapa harus bermain?

Hanya 2 hal yang sangat melekat pada anak-anak pra-sekolah, yakni Orang Tua, dan Permainan. Keduanya bisa dijadikan sebagai tempat pengalih perhatian pada saat mereka sedih, stress, atau terkena beban mental.

Kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat Satuan Acara Bermain Bola untuk anak pra-sekolah.

Permainan bola menjadi salah satu favorit anak-anak, karena bisa dilakukan bersama-sama dengan teman-teman mereka, atau keluarganya sendiri. Nah, dari sini, satuan acara bermain yang mengadopsi permainan sepakbola menjadi salah satu hal yang bagus untuk dilakukan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun satuan acara bermain jenis ini adalah sebagai berikut :

  • Tempat

Karena pemilihan permainan jatuh pada bola, atau sepakbola, maka dibutuhkan ruangan khusus yang cukup lebar. Hal ini bertujuan agar ruang gerak anak-anak lebih bebas dan sensitifitas motoris mereka dapat terlatih dengan baik.

  • Media

Siapkan bola, seragam, hingga peraturan agar anak-anak bisa bermain dengan leluasa. Bisa juga anda berikan bola dan seragam tersebut secara Cuma-Cuma sebagai hadiah agar mereka menganggap anda sebagai teman (orang baik).

  • Paduan Orang Tua

Sebaiknya, pada saat kegiatan bermain dilakukan, anak-anak mendapatkan bimbingan dari orang tua, atau paling tidak orang terdekatnya. Karena bagaimanapun, pusat sumber perhatian mereka adalah dari keluarga, sehingga support yang diberikan akan berperan besar.

Manfaat Yang Bisa Didapat

Khusus untuk permainan bola, manfaat yang paling utama adalah pada peningkatan saraf motorik mereka. Selain itu, sosialisasi dengan teman (jika ada) akan terjalin dengan baik, dan sikap minder, takut, stress, tertekan, bisa hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *