Married Priests

MANFAAT TEH HIJAU UNTUK KESEHATAN

Oct
25

Teh hijau merupakan varian khusus teh yang sangat populer di kawasan Asia terutama China, Jepang, dan Asia Tenggara. Teh ini sangat berkhasiat karena mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari vitamin seperti vitamin A, B1, B2, C, dan K hingga senyawa-senyawa tertentu seperti polifenol dan flavanol. Karenanya banyak orang mengambil manfaat teh hijau untuk kesehatan mereka. Bahkan di Jepang, teh hijau sudah menjadi bagian dari tradisi budaya. Teh hijau yang dikenal dengan sebutan ocha di Jepang tersebut disebut-sebut sebagai salah satu alasan faktor rendahnya angka obesitas di sana.

Manfaat teh hijau

Banyak sekali manfaat teh hijau yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Teh hijau dapat mengurangi resiko penyakit berat seperti kanker, diabetes, dan hipertensi. Kandungan polifenol dan flavanol berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah berkembangnya sel-sel kanker. Polifenol juga mampu menurunkan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol. Sehingga bagi penderita kanker, diabetes, maupun hipertensi sangat disarankan mengkonsumsi teh hijau untuk menjaga kondisi tubuh mereka. Minum teh hijau memang menyehatkan, tetapi sebaiknya juga diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat yang lain seperti menjaga pola makan, rajin berolahraga secara teratur, tidak merokok, serta menghindari minuman beralkohol.

Manfaat teh hijau lainnya adalah untuk perawatan kulit. Teh hijau dapat berfungsi sebagai antiseptik alami untuk mengurangi gatal dan bengkak. Selain itu teh hijau juga melindungi kulit dari pancaran sinar matahari yang berlebihan yang dapat menyebabkan munculnya kanker kulit. Kandungan antioksidan dari teh hijau yang tinggi juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan ekstrak teh hijau untuk mencegah munculnya kerutan, keriput, serta gejala penuaan lainnya pada kulit. Teh hijau merupakan bahan alami yang sangat sehat untuk perawatan kulit karena tidak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya.

Bagi Anda yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau tidak mengandung kolesterol serta baik untuk metabolisme tubuh. Mengkonsumsi teh hijau setiap hari disinyalir mampu mengurangi berat badan. Namun juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Manfaat teh hijau juga baik untuk meningkatkan daya ingat otak. Antioksidannya mampu memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Karenanya penderita alzheimer, parkinson, dsb, sangat disarankan untuk mengkonsumsi teh hijau setiap hari.

Manfaat teh hijau untuk tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Sudah banyak orang yang membuktikan khasiatnya. Tanaman herbal ini sangat tepat sebagai pilihan alternatif untuk mencegah berbagai penyakit dan merawat kulit. Namun tetap diingat bahwa mengkonsumsi teh hijau tidak akan menghasilkan efek yang maksimal bila masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat terutama mengkonsumsi makanan cepat saji yang mengandung kolesterol tinggi.

Referensi : http://www.infokesehatanlengkap.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *