Merawat Aki Motor Mio Agar Awet dan Tahan Lama

Posted on

Aki motor mio ternyata perlu dilakukan perawatan agar bisa menjadi lebi tahan lama. Perawatan perlu dilakukan agar aki bisa berfungsi dengan baik. Kendaraan bermotor khususnya motor matic tidak bisa lepas dari peran aki di dalamnya. Komponen di mana bisa meyimpan tenaga atau energy listrik yang akan digunakan untuk menyuplai sepeda motor. Kalau di motor matic sendiri jelas sangat penting. Di mana kalau aki tidak berfungsi dengan baik, maka menghidupkan kendaraan tidak bisa dilakukan dengan starter. Itu dilakukan akan sangat sulit bagi peggunaanya. Berbeda yang menggunakan motor bebek, meski tanpa starter, menghidupkannya masih terkesan simpel. Tidak hanya masalah itu sebenarnya. Aki disini merupakan sumber kelistrikan yang nantinya akan terkait dengan lampu dan lainnya. Kalau kemudian aki tidak berfungsi dengan baik alias soak, maka hasilnya akan menghambat sistem kelistrikan pada kendaraan.

Melihat hal semikian inilah sangat penting bagi anda untukbisa melakukan perawatan terhadap aki. Hal itu agar membantu untuk menghindari aki mudah rusak atau soak. Akan tetapi, sebelum mengarah ke cara yang harus dilakukan. Aki sendiri memiliki dua jenis atau model. Hal yang banyak dipakai ialah jeis aki kering, untuk sekarang. Tetapi, masih banyak pula yang menggunakan aki basah. Motor matic sekarang lebih cenderung menggunakan aki kering. Namun, banyak pula yang kemudian menggantinya dengan aki basah, karena perawatannya lebih mudah. Pada kesempatan kali ini, tidak akan diberikan secara spesifik merawat aki kering atau basah. Akan diberikan kepada anda secara umum. Itu artinya anda bisa menerapkan untuk penggunaan merawat di aki kering ataupun basah. Tips yang akan diberikan ini bisa anda coba untuk aki dari berbagi jenis. Tetapi, wajib anda terapkan untuk pengguna motor matic. Anda harus memahami bahwa motor dengan jenis matic ini meman lebih butuh daya yang besar dalam sistemnya dibandingkan yang bebek.

Bagi anda pengguna aki motor mio, maka anda bisa melakukan beberapa tips yang akan diberikan ini. Di mana tips ini bisa anda coba lakukan di rumah dengan motor anda. Nanti, setelah anda memahami pejelasan yang diberikan. Anda bisa mendapat rekomendasi aki terbaik yang saat ini terngah populer dan banyak pengguna di pasaran. NS Battery merupakan salah satu aki yan memiliki kualitas terbaik. Cara perawatan juga sangat sederhana. Tahan lama pula dan memiliki energy yang besar, sehingga sangat cocok untuk kendaraan matic sekalipun. Sedangkan cara yang bisa andalakukan adalah sebagai berikut.

Pertama, anda tidak usah menggunakan komponen kelistrikan bila tidak perlu. Semisal anda menyalakan lampu atau klakson. Kedua komponen tersebut butuh energy yang begitu besar di motor matic. Maka dari itu, anda harus paham kondisi atau situasi dalam menggunakan kedua hal tersebut.

Starter merupakan komponen terpenting dalam matic. Maka dari itulah anda jangan terlalu sering memakainya. Minimal di pagi hari anda nyalakan tanpa meggunakan starter. Mengingat starter membutuhkan daya yang besar. Bila terlalu sering dipakai nanti akan berdampak terhadp sumber energy dari motor tersebut yakni aki

Bagi anda yang suka dengan memodif motor dengan menabahkan berbaga asesoris Maka anda harus membatasi asesoris yang akan ditambakan. Anda harus paham ukurannya, dengan menambahkan secukupnya saja. Sebab kalau ditambah asesoris yang banya membutuhkan energy listrik akan berpengaruh terhadap usia dari aki yang mudah habis.

Terakhir untuk anda yang motornya menggunakan aki basah. Pengecekan terhadap volume dari air aki harus dilakukan secara berkala. Anda tidak harus pergi ke bengkel karena bisa mengecek dan menambahkan air sendiri. Cairan ini berfungsi agar bisa menambah energy yang dihaslkan oleh aki. Jadi selalu cek, ketika air dalam bats minimal, tambahkan atau isilah kembali.

Nah, semua cara tadi adalah langkah yang sederhana. Anda bisa melakukan dengan mudah tanpa harus repot dengan tambahan berbagai alas. Sebenarnya kalau anda melakukan cara-cara tadi merupakan cara mengubah kebiasaan. Besar pengaruh pemiliknya menggunakan dengan cara yang tidak tepat. Oleh karena itulah tips yang telah diberikan ini semoga bisa membantu anda untuk membuat aki motor mio lebih tahan lama. Sekarang ini ada banyak sekali jenis dari aki yang bisa anda coba. Kalau aki motor anda sudah rusak. Rekomendasi pilihan aki yang paling tepat adalah NS Batteray. Aki dengan merk ini memiliki kualitas yang terbaik. Apalagi untuk dipakaidi motor matic jelas akan sangat medukung dan sesuai. Semoga informasi yang diberikan kepada pembaca kali ini bisa menambah wawasan. Di mana perawatan terhadap aki perlu mendapatkan perhatikan khusus. Kalau aki anda soak, silahkan ganti dengan aki berkualitas yang tadi telah disarankan kepada anda.