Married Priests

Denah Rumah Minimalis Ukuran 6×12 Yang Sederhana Nan Cantik

Nov
06

Saat ini, desain rumah minimalis masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia khususnya bagi mereka pasangan muda yang baru saja menikah dan belum memiliki keturunan atau mereka yang sudah memiliki satu anak. Salah satu desain yang diminati yakni rumah minimalis ukuran 6×12. Konsep desain dari rumah minimalis yang satu ini kebanyakan memang terbilang sederhana. Bagi anda yang memiliki tanah dengan ukuran sekitar 6X12 meter dan ingin membangun rumah diatasnya, beberapa contoh desain di bawah ini bisa menjadi referensi.

Contoh desain sederhana rumah minimalis ukuran 6×12

rumah minimalis ukuran 6x12Tanah atau rumah dengan ukuran 6X12 meter sangat cocok untuk mengaplikasikan desain rumah tipe 45. Dengan kata lain, luas bangunan rumah nantinya sekitar 45 meter persegi. Selain itu, tanah dengan ukuran 6X12 sangat ideal untuk rumah di area perkotaan. Hal ini karena ukurannya yang pas dan cukup, tidak terlalu luas ataupun terlalu sempit sehingga harga rumah minimalis ukuran 6×12 tetap terjangkau.

Konsep desain yang pertama yaitu fokus pada ruang keluarga yang merupakan ruang utama terdiri dari ruang makan, dapur, ruang keluarga, dan ruang tamu yang menjadi satu. Ruang utama memiliki ukuran yang cukup luas sekitar 3X5,5 meter. Ukuran ini masih terbilang nyaman untuk rumah minimalis ukuran 6×12. Agar terlihat lebih luas secara visual, anda dapat mengaplikasikan konsep desain interior dengan nuansa warna putih.

Pada konsep denah rumah minimalis ukuran 6×12, terdapat sedikit ruang terbuka dengan ukuran sekitar 2X3 meter di belakang rumah. Yang perlu diingat yaitu untuk tidak menutup ruang terbuka tersebut karena berguna untuk menjaga sirkulasi udara supaya tetap baik. Di samping itu, ruang terbuka tersebut juga bermanfaat untuk cahaya alami di ruangan. Jika ditutup, ruangan khususnya kamar yang ada di bagian belakang akan terasa pengap.

Bagi anda yang ingin mengembangkan denah di tanah yang berukuran 6X12 meter, cara yang terbaik yaitu dengan meningkat menjadi dua lantai. Hal ini karena lahan sudah dimanfaatkan secara maksimal sehingga tidak memungkinkan untuk mengembahkan rumah minimalis ukuran 6×12 secara horizontal. Mau tak mau pengembangan harus dilakukan secara vertikal.

Referensi : http://www.rumahminimalisplus.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *