Married Priests

Apakah Google Akan Memberikan Wi-Fi Gratis di Indonesia?

Mar
10

Raksasa teknologi Google ini kabarnya akan memberi hadiah ke Indonesia dalam waktu dekat. Hadiah adalah akses Wi-Fi gratis. Diharapkan akses akan meningkatkan konektivitas dan juga meningkatkan keaksaraan digital bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga : IELTS Task 2, How To Prepare For TOEFL dan TOEFL Listening Test

Sebenarnya ini adalah proyek lanjutan yang sebelumnya diimplementasikan di India pada 2016. Google menyediakan Wi-Fi gratis di hotspot yang berada di berbagai lokasi. Lokasinya sebagian besar merupakan fasilitas umum dan sering dijadikan tempat untuk menunggu transportasi atau ruang publik.

Tempat yang disediakan dengan akses Wi-Fi gratis disebut Stasiun Google. Untuk masa depan Google berharap bisa masuk dalam stasiun kereta api, kampus, maupun tempat umum lainnya. Google Stations akan membingungkan internet dengan kecepatan tinggi, sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan nyaman.

Selain memperluas pasar mereka, tujuan utama Google Station juga untuk memfasilitasi dan meningkatkan lalu lintas penggunaan internet di Indonesia. Selain itu, Google Station akan memberi kesempatan bagi orang “kurang terjangkau” untuk menikmati manfaat kehadiran internet. Pendidikan dan peningkatan kesadaran juga akan disediakan oleh Google Stations.

Untuk langkah awal, Google akan memasang ratusan Google Stations di Jawa, termasuk di ibu kota Jakarta. Pulau Bali juga akan dipaparkan oleh Google Station sebagai salah satu kegiatan pariwisata di Indonesia. Rencananya, untuk pemasangan Stasiun Google, akan memakan waktu hingga 12 bulan ke depan.

Google juga bekerja sama dengan ISP lokal untuk merealisasikan rencana ini. CBN dan FiberStar adalah ISP lokal yang akan bekerja sama. Untuk saluran yang digunakan sebagai akses internet adalah serat optik dan Wi-Fi, karena dianggap lebih optimal dan stabil. WiFi gratis yang disediakan oleh Google harus diucapkan dengan baik oleh publik. Namun, pemerintah harus memantau kehadiran Wi-Fi gratis yang telah disiapkan agar tidak disalahgunakan oleh masyarakat. Sehingga masyarakat tetap aman dan terdidik dengan kehadiran WiFi gratis dari Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *