Married Priests

4 Cara Merawat Printer Agar Awet & Tahan Lama

Apr
24

Printer menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dari perangkat komputer. Printer juga merupakan perangkat output device komputer yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang dibuat dengan menggunakan komputer.

Berbicara soal printer, tentu tidak lepas dari cara – cara maintenance atau cara merawat printer agar bisa awet dan tahan lebih lama. Emang bisa ?Bisa, selama kita mau melakukannya dengan benar.

cara merawat printer

Di sini saya ingin berbagi beberpa tips merawat printer dengan harapan agar printer lebih awet dan tahan lama. Dan memang terbukti demikian adanya, sudah saya terapkan pada printer saya.

1. Gunakan Printer Sesuai Kemampuannya

Langkah pertama kenali printer anda, baca spesifikasinya dan coba kira – kirakan. Sekuat apa printer kita. Jangan memaksakan printer kita melakukan pekerjaan yang berlebihan, melebihi kemampuannya. Hal ini jelas akan membuat printer kita cepat rusak dan tidak tahan lama.

2. Lakukan Maintenance Sederhana

Ada beberapa hal yang bias kita lakukan terkait maintenance printer. Coba anda lihat pada software driver printer. Kalau printer canon inkjet ada di printer preference atau printer properties. Disana terdapat bebrapa maintenance sayang salah satunya yaktu head cleaning printer.

Selain itu ada juga membersihkan roller, mengganti cartridge tinta yang digunakan, dan juga terdapat seting mode silent agar printer tidak terlalu cepat dalam menarik kertas. Maintenence sederhana ini bisa anda coba.

3. Matikan Printer dengan Cara Yang Benar

Sistem pada printer telah dilengkapi dengan software layaknya komputer. Jadi setiap kali kita menekan tombol off pada printer. Sebelum printer mati, ia terlebih dulu melakukan head cleaning ringan. Hal ini akan membuat printer bersih pada saat akan disimpan.

4. Perhatikan Cara Menyimpan Printer

Apa yang harus diperhatikan pada saat menyimpan printer ? Berikut beberapa opsi yang sekiranya lebih baik anda perhatikan.

  • Siampan printer pada tempat yang kering dan tidak terlalu panas
  • Bungkus plastik dan masukkan ke dalam kardus apabila akan disimpan dalam waktu yang cukup lama
  • Sesekali gunakan printer untuk mencetak apabila telah lebih dari 2 minggu anda menyimpannya.
Tekno Comments Off on 4 Cara Merawat Printer Agar Awet & Tahan Lama