Warisan Budaya Kampung Wae Rebo

Warisan Budaya Kampung Wae Rebo

Wae Rebo ialah suatu kampung tradisional yang terdapat di dusun terpencil persisnya di Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Populer dengan panggilan kampung diatas awan, Wae Rebo terdapat pada ketinggian 1000 mdpl dikelilingi oleh perbukitan yang sangat asri. Wae Rebo dikatakan UNESCO menjadi Warisan Budaya Dunia pada Agustus 2012 menyisihkan 42 negara lainnya di dunia.

Untuk sampai Wae Rebo, pengunjung mesti menempuh perjalanan kurang lebih 6 km dari Desa Dintor ke Desa Denge dengan memakai motor. Perjalanan dari Denge ke arah Wae Rebo, kurang lebih menghabiskan waktu pendakian selama 3 jam kurang lebih dengan menyusuri daerah terpencil yang dikelilingi rimba lebat yang belumlah terjamah, menyebrangi sungai dan melewati bibir jurang.

Walau tempatnya ada jauh dari keramaian serta susah dapat dijangkau, akan tetapi Kampung Wae Rebo begitu populer khususnya oleh wisatawan asing Beberapa negara di Eropa sebab rancangan arsitekturnya yang mempunyai daya tarik tinggi.

Salah satunya perihal yang menarik dari Desa Wae Rebo ialah rumah adatnya yang berupa kerucut serta atapnya terbuat dari daun lontar. Hasil kerajinan tangan masyarakat, hasil kopi, vanili serta kulit kayu manis laris menjadi barang cendera mata yang dibawa pulang oleh wisatawan denga harga yang memuaskan.

Kampung Wae Rebo dan Arsitektur Rumah Klasik

rumah klasik

Tidak susah untuk jatuh hati pada kampung ini. Pengunjung bisa merasakan kekhasan budaya, tradisi istiadat, keramahan masyarakatnya dan kearifan lokal yang masih tetap berasa kental di kampung ini. Dan disana anda juga akan mendapati pemandang yang unik tentunya dengan adanya bangunan – ┬ábangunan unik yang tedapat di sana yang tidak lain adalah simbol rumah adat wilayah tersebut.

Bangunan rumah adat di tempat ini mencerminkan budaya kearifan lokal dan yang paling menonjol adalah rancangan dari rumah adat tersebut. Yup… bangungan ini menggunakan arsitektur rumah klasik atau arsitektur zaman tempo dahulu pada pembuatan rumah adat tesebut. Dan arsitektur rumah klasik tersubut yang mengundang daya tarik khusuh bagi wisatawan yang menggemari rumah dengan menggunakan konsep arsitektur rumah klasik.