Married Priests

Inilah Cara Mengetahui Lowongan Palsu Atau Tidak

Aug
20

 

Di Indonesia pengangguran menjadi masalah bagi pemerintah Indonesia masalah setiap tahun banyak orang yang terus lulus dari sekolah menengah tingkat atas maupun dari kuliahan namun lapangan pekerjaan tidak berbanding lurus dengan jumlah orang yang tamat yang lepas dengan lapangan pekerjaan yng tersedia atau tercipta.

Dengan masalah seperti ini terciptalah angka pengangguran yang tinggi di Indonesia, lebih dari 1 juta orang di Indonesia belum mendapatkan pekerjaan sedangkan mereka harus bisa tetap hidup dan makan dengan mendapatkan pekerjaan.
Toyota Dunia Barusa Dealer Toyota Indonesia
Dengan fenomena ini, banyak orang pintar yang menyalahgunakan kepintarannya salah satunya dengan cara membuat lowongan kerja palsu bagi para orang yang sedang membutuhkan. Modus penipuan dengan cara membuka lowongan palsu banyak caranya namun intinya mereka akan memeras calon pekerja dengan embel – embel uang agar mereka bisa lulus.

Berikut ini adalah cara mengetahui lowongna palsu atau tidak.

1.Tempat

Saya senang sekali melihat lowongan pekerjaan di media sosial facebook, para penipu biasanya memulai aksi di sosial media ini. Saya mengikuti banyak group lowongan kerja di facebook dan ketika membaca lowongan selalu ada tulisan aneh yaitu tempat perusahaan itu sedang membuka lowongan kerja. Ketika kalian melihat lowongan kerja dengan tempat yang di jelaskan ribet dan tidak jelas sudah pasti itu adalah penipuan, karena sebuah perusahaan pasti mempunyai tempat strategis untuk mendirikan usahanya.
Toyota Dunia Barusa Dealer Toyota Indonesia
2.Gaji

Yang kedua saya banyak melihat lowongan pekerjaan dengan mencatuman gajih yang akan di terima ketika kita bekerja. Biasanya gaji yang tertulis sangat menggiurkan dan di atat UMK atau UMR. Apabila kalian meliht lowongan kerja di sebuah pabrik atau kantoran dengan memberi tahu gaji pasti sudah pasti itu adalah lowongan palsu karena itu melanggar kode etik HRD.

3.Memungut biaya

Yang ketiga saya sering melihat lowongan kerja di Kalimantan atau Papua. Di lowongan kerja itu di beri keterangan perusahaan akan mengganti uang transport apabila kita pergi kesana. Apabila ada lowongan kerja dengan model begini lebih baik kita abaikan karena kita disini mencari uang bukan untuk mengeluarkan uang.

4.Meminta data diri

Yang terakhir ada lowongan kerja dimana kita harus memasukan data diri anda. Jika data diri kita di masukan ke website resmi dari perusahaan itu tidak masalah dalam kasus ini saya melihat kita harus memasukan data diri ke website gratis seperti dokumen google. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bisa membuat data diri orang yang di lamar aman.

Itulah 4 ciri- ciri bahwa suatu iklan lowongan kerja palsu apa tidaknya. Apabila kalian ingin belajar cara menulis surat lamaran kerja kalian bisa melihat contoh surat lamaran kerja di google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *